Yen Dekati Level Tertinggi dalam 19-bulan ditengah Kebijakan BOJ, Brexit


Penguatan Yen terhadap USD mendekati level tertingginya sejak Oktober 2014 lalu terkait meningkatnya permintaan atas aset safe haven jelang pertemuan bank sentral Jepang (BOJ), bank sentral Inggris (BOE), dan bank sentral Amerika (The Fed) yang akan berlangsung pada pekan ini ditambah dengan sentimen Brexit terkait referendum Inggris keluar dari Uni Eropa atau tetap bertahan.

Mata uang Jepang telah menguat terhadap semua 16 mata uang utama bulan ini seiring kecemasan referendum Brexit yang mendorong investor untuk beralih ke aset yang paling aman. Sementara sebagian besar ekonom memprediksi Federal Reserve, Bank of Japan dan Bank of England akan menahan diri dari perubahan kebijakan, investor erat akan mengamati komunikasi dari pihak berwenang pasca pertemuan untuk petunjuk tentang arah kebijakan kedepan.

Yen bergerak tipis pada level 106,19 per dolar AS pukul 6:47 di London, pasca menyentuh level 105,55 pada 3 Mei lalu, level terkuat sejak Oktober 2014. Yen Jepang berada di level 118,98 terhadap euro. Yen sempat menembus level 118,52 pada hari Selasa, tertinggin sejak Januari 2013 lalu. Sementara itu, Pound ditransaksikan pada level $1,4145 dari $ ,4114 pada Selasa, ketika menyentuh level terendahnya dalam dua bulan terakhir.

Lima jajak pendapat dalam dua hari telah menunjukkan 46 persen warga Inggris mendukung untuk “Tetap” pada Uni Eropa dan 45 persen memilih “berpisah.”

The Fed akan menjadi yang pertama untuk memutuskan kebijakan, pengumuman kebijakan akan disampaikan pada hari Rabu, diikuti oleh BOJ dan kemudian BOE Kamis. Ekonom memperkirakan tidak ada kemungkinan bagi The Fed untuk menaikan suku bunga acuan akan naik pada pertemuan bulan, dan bahkan kemungkinan 2 persen akan turun. Kemungkinan pengetatan kebijakan akan dilakukan pada pada akhir tahun sebanyak 49 persen, turun dari 76 persen pada awal bulan ini.

Sekitar seperempat dari analis yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan BOJ akan memperluas stimulus pekan ini, sementara lebih dari setengah memprediksi aka ada pelonggaran pada pertemuan bulan Juli mendatang.

Jika Bank of Japan mengumumkan langkah-langkah pelonggaran besok, yen berpotensi menembus level 108,70, menurut Haddad Commonwealth Bank.

Dolar Australia dan Selandia Baru membalikkan kerugian awal perdagangan seiring Composite Index Shanghai China naik 1,5 persen, pasca sebelumnya terkoreksi sebanyak 1,1 persen. Kedua negara Pasifik Selatan menghitung China sebagai mitra dagang terbesar mereka. Dolar Aussie naik 0,2 persen menjadi 73,70 sen AS, sementara kiwi Selandia Baru menguat 0,4 persen menjadi 70,21 sen AS. (izr)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>