Tips Menjalankan Usaha Sampingan


PT Kontak Perkasa Futures – Tips Menjalankan Usaha Sampingan

PT Kontak Perkasa Futures – Walau cuma usaha sampingan, kecil-kecilan dan teman-teman sendiri yang beli, bukan berarti kamu gak berhak tegas loh. Simak deh hal-hal berikut yang big no no untuk kamu lakukan kalau gak mau merugi dengan usaha sampingan.

1. Jangan lembek

Teman sih teman, tapi kalau sudah menyangkut soal jualan kamu ya harus tegas dong ya. Ingat ya, kamu jualan buat apa, nambah penghasilan kan, biar bisa nabung, investasi dan tujuan keuangan lainnya.

Jangan beri kelonggaran sama teman hanya karena hubungan. Justru teman yang baik itu harusnya mengerti bahwa kamu jualan itu ekstra modal, pikiran, tenaga dan waktu.

Jangan terlalu lembek sama teman atau sanak saudara kalau sudah menyangkut soal jualan kamu.

2. Mengumbar diskon

Saat kamu punya usaha sampingan entah itu jasa atau produk, jangan mudah kasih diskon apalagi kalau emang harga yang kamu kasih itu sudah mentok. Emang mau tekor atau nombokin hanya karena ingin bikin teman atau sanak saudara kamu terkesan dengan cara ngasih diskon.

Gak usah sok-sok mau bikin orang terkesan dengan cara itu deh. Dijamin usaha sampingan kamu gak bakal maju-maju.

3. Nyepelein utang

Kalaupun terpaksa sampai ada yang mau ngutang, catat dan tagih sesuai janji

Kebiasaan ngutang emang gak bisa dihindarkan sih ya, apalagi kalau nawarin jualan kita ke teman sekantor.

Bukan hal yang terlarang sih mengizinkan teman berhutang, tapi pastikan kamu mencatat siapa saja yang berutang, berapa dan catat juga janji kapan membayar utangnya. Tagih yang ngutang dan jangan diberikan kebebasan buat mengulur waktu utangnya. Kamu butuh balik modal loh untuk bisa membuat usaha sampingan kamu tetap berjalan.

4. Gak ada uang? Ya jangan beli

Kalau ternyata kamu punya modal yang sangat mepet dan gak bisa menerapkan sistem utang, ya jelaskan di awal sama para pembeli kamu. Saat mereka ingin membeli produk jualan kamu pastikan mereka langsung membayarnya.

Jika emang gak punya uang tapi ngotot ingin utang bilang saja mereka bisa menunda membeli sampai uang sudah ada baru barang akan diberikan. Emang sih kemungkinan yang bisa terjadi teman atau calon pembeli kamu bakalan jadi bete. Bukan gak mungkin mereka bakal nyebarin cerita yang gak mengenakan tentang kamu ke teman-teman yang lain.

Bakal bilang kamu tega lah, pelit lah dan sebagainya. Tapi kalau emang itu prinsip kamu dalam berjualan, sah-sah saja kok, gak usah merasa terlalu bersalah atau merasa jadi orang jahat.

5. Boros tester

Buat kamu yag punya usaha sampingan produk makanan atau minuman, biasanya ada tuh yang namanya ngasih tester buat menyakinkan para calon pembeli bahwa produk yang kamu jual cukup enak untuk dibeli.

Nah, pastikan kamu memperhitungkan modal awal untuk menyediakan tester itu. Jangan terlalu banyak atau royal juga. Secukupnya saja. Jangan mau rugi atau dimanfaatkan. Masa sih semisal jual kue kering lalu bikin tester satu toples buat satu orang, waduh belum balik modal sudah amsyong duluan tuh mbaksis.

6. Gak peduli kualitas

Sebagai penjual kamu juga harus memastikan semua produk yang kamu jual itu berkualitas atau gak mengecewakan, sesuai harga lah. Karena biasanya jualan sama teman sendiri itu lebih ribet, mereka bakal gampang komplen walau mungkin sebenarnya gak perlu-perlu amat sih.

Ini juga harus menjadi pengingat buat kamu yang punya usaha sampingan untuk gak asal-asalan juga ya. Kalau kamu mendapatkan barang dari supplier ya pastikan suppliernya emang terpercaya.

Kalau kamu sendiri yang memproduksi produknya, buat sebagus mungkin biar yang beli puas dan bakal jadi pembeli setia, dan bahkan bisa mempengaruhi orang lain buat beli juga atau mouth to mouth promotion.

7. Mental tempe

Seperti yang dikatakan di atas bahwa kalau menjual produk sama orang-orang yang kita kenal biasanya ada aja yang suka dikit-dikit protes atau komplen sama hal-hal kecil. Kamu sebagai penjual musti siap mental sama hal-jal kayak gini.

Gak boleh sedikit-sedikit ngambek atau mutung. Kalau kamu sedikit-sedikit emosi dan gak terima kritikan, yang ada sih kamu nambah musuh bukan nambah untung. Jangan harap kalau kamu jadi penjual yang pemarah dan gak ramah bakal bisa bikin usaha sampingan kamu sukses. Yang ada orang males beli barang jualan kamu.

Siapa sih yang gak mau punya penghasilan yang lebih dari cukup? Siapa sih yang gak mau punya tabungan dan investasi untuk hari tuanya? Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan keuangan jangka panjang itu adalah dengan memiliki dua umber penghasilan. Bekerja di kantor dan usaha sampingan.

Tapi, kenyataannya menjalankan dua hal secara bersamaan sama sekali bukan perkara sepele. Perjuangan banget bro! Di saat yang lain sudah tidur aau beristirahat, mungkin buat kita yang punya double job gak begitu karena setiap waktu luang begitu berharga untuk menjalankan pekerjaan yang satu lagi.
Untuk bisa memungkinkan pekerjaan dan usaha sampingan berjalan berdampingan tanpa kendala adalah mustahil tapi bukan berarti gak mungkin. Ingat, selalu ada jalan menuju Roma.

Ada usaha-usaha yang bisa kita lakukan agar usaha sampingan yang tujuannya untuk menambah penghasilan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Salah satunya bisa dengan menerapkan poin-poin di atas. ( RDI -?PT Kontak Perkasa Futures)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>