Tips Menggunakan Kartu Kredit


PT Kontak Perkasa Futures | Tips Menggunakan Kartu Kredit

PT Kontak Perkasa Futures | Kartu kredit masih sering dicap sebagai biang kerok utang yang numpuk, padahal yang memutuskan menggunakan adalah manusianya. Jadi siapa yang salah, kartu atau pemilik kartunya?

Hari gini masa sih gak punya kartu kredit. Makin banyak orang butuh kartu kredit. Fungsi alat pembayaran ini memang aduhai, bisa dipakai buat banyak hal.

Mau belanja bulanan, bisa dapat diskon. Mau dinner sama pasangan, rewards bisa masuk kantong. Mau jalan-jalan ke luar negeri juga bisa dapat fasilitas tersendiri pakai kartu kredit. Gimana gak ciamik.

Semua fasilitas itu sebenarnya bisa membuat sehat kondisi finansial loh. Meski begitu, cap kartu durjana masih menempel kuat pada kartu kredit. Penyebabnya sepele: orang-orang jadi hidup sengsara gara-gara keliru alias gak bijak memanfaatkannya.

Pemakaian kartu kredit gimana sih yang keliru itu? Semisal, ada fasilitas bayar tagihan minimum dalam kartu kredit. Nah, orang itu mengira, dengan bayar minimum, kartu kredit tetap bisa digunakan tanpa masalah. Padahal, secara gak sadar kita sedang menimbun utang dengan cara seperti itu.

Tagihan adalah kewajiban. Kalau bayarnya minimum, berarti kewajiban yang ditunaikan baru sebagian. Sementara itu, utangnya tertumpuk sedikit demi sedikit sampai jadi bukit. Orang-orang semacam itu akan susah memastikan kesehatan finansial.

Kartu kredit sebenarnya bisa jadi salah satu sarana untuk membuat kondisi keuangan sehat. Berikut ini rinciannya:

1. Gampang cari pinjaman

Dengan memiliki kartu kredit, kita sudah memenuhi salah satu syarat memperoleh kredit tanpa agunan (KTA). Bank akan menilik riwayat pembayaran tagihan kartu itu untuk menilai kelayakan kita sebagai penerima KTA.

Tinggal penuhi syarat lainnya deh yang berhubungan dengan administrasi. Istilahnya, begitu punya kartu kredit yang tagihannya rutin kita lunasi, besar kemungkinan permohonan KTA akan disetujui. Namun, ada juga KTA yang gak mensyaratkan kartu kredit.

2. Ngirit asyik

Tanpa kartu kredit, mungkin kita hanya berharap ada diskon biasa dari resto, mal, atau tempat belanja lainnya. Masalahnya, diskon kayak gini jarang-jarang keluarnya.

Sementara diskon khusus bagi pemegang kartu kredit lebih banyak. Bahkan ada beberapa program diskon yang memang dibuat khusus untuk kartu tersebut hingga jangka waktu yang lama.

3. Buka usaha

Kartu kredit juga bisa jadi modal buka usaha loh. Ciyusan bisa gitu? Ya bisa lah, caranya, menggunakan kartu itu untuk membeli alat-alat usaha lewat skema cicilan.

Eits, ingat, bukan dengan menarik tunai di mesin ATM loh ya. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit. Kalau tarik tunai, meski di ATM bank yang sama, ada biaya yang gak sedikit untuk penarikan dengan kartu kredit.

4. Gampang bikin bujet

Bujet keuangan adalah hal mendasar untuk memastikan kesehatan finansial. Nah, lewat kartu kredit, kita bisa pantau pengeluaran bulanan. Sebab, semuanya tercatat pada tagihan. Tagihan pada bulan ini bisa jadi patokan buat bikin bujet.

Jangan sampai bujet bulan depan jauh melebihi anggaran sekarang. Dengan begitu, pemasukan dan pengeluaran bisa terus kita bikin seimbang.

Empat hal di atas adalah keuntungan punya kartu kredit buat mereka yang bijak menggunakannya. Pengguna kartu kredit yang gak bertanggung jawab mustahil menikmatinya. ( RDI – PT Kontak Perkasa Futures )

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>