PT Kontak Perkasa | Prospek Outlook Mingguan Emas 21 - 25 November
PT Kontak Perkasa Futures Jakarta

PT Kontak Perkasa | Prospek Outlook Mingguan Emas 21 – 25 November


Kontak Perkasa – Harga emas jatuh ke level terendah bulan Mei pada hari Jumat setelah dolar menguat hampir ke level tertinggi 14 tahun di tengah reli yang didorong oleh pemilihan presiden AS dan harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga di bulan depan.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York mencapai posisi terendah di $1,202.05 per troy ons dan turun 0,74% menetap di $1,207.9, penutupan terendah sejak 3 Juni.

Harga emas tertekan lebih rendah akibat dolar yang terus melonjak menyusul hasil pemilihan presiden AS, mengikuti peningkatan imbal hasil Treasury AS dengan harapan bahwa rencana Presiden terpilih Donald Trump untuk meningkatkan belanja fiskal dan memotong pajak akan memacu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Pertumbuhan yang lebih cepat akan memicu inflasi, yang pada gilirannya akan mendorong the Fed untuk mengetatkan kebijakan moneter dalam tingkat yang lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 101,41 Jumat, penutupan tertinggi sejak April 2003.

Harga emas berada dalam dolar dan menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya akibat kenaikan dolar.

Reli dolar juga telah didorong oleh spekulasi bahwa bank sentral AS hampir pasti akan menaikkan suku bunga di bulan depan.

Ketua Fed Janet Yellen, Kamis menegaskan bahwa kenaikan suku bunga “juga bisa menjadi tepat relatif dengan segera.”

Investor telah memberi kesempatan 95,4% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Desember; berdasarkan dana federal berjangka terpantau oleh Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memiliki aset non-unggulan seperti emas batangan, sementara itu juga meningkatkan dolar dalam harganya.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman Desember ditutup turun 1,32% pada $16,55 per troy ons, setelah jatuh ke level terendah sejak 8 Juni di $16,43 sebelumnya.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, tembaga untuk pengiriman Desember menetap di $2,46 per pound di Comex.

Dalam seminggu ini, volume perdagangan diperkirakan akan tetap tipis karena hari libur Thanksgiving, Kamis dan sesi perdagangan yang dipersingkat pada hari Jumat.

AS akan merilis data pesanan barang tahan lama, klaim pengangguran dan penjualan rumah baru menjelang libur tersebut, Rabu.

Menjelang minggu ini dimulai, Investing.com telah menyusun daftar ini dan peristiwa signifikan lainnya yang cenderung mempengaruhi pasar.

Senin, 21 November
Kanada akan mempublikasikan data penjualan grosir.
Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi akan bertestimoni tentang Laporan Tahunan bank sebelum Parlemen Eropa, di Strasbourg.

Selasa, 22 November
Selandia Baru akan mempublikasikan data penjualan ritel.
Inggris akan melaporkan pinjaman sektor publik.
Kanada akan merilis data penjualan ritel.
AS akan menghasilkan laporan penjualan rumah lama.

Rabu, 23 November
Pasar keuangan di Jepang akan tetap ditutup libur.
Selandia Baru akan melaporkan inflasi harga produsen.
Di Inggris, Kanselir Philip Hammond akan menyampaikan pernyataan anggaran musim gugurnya kepada parlemen.
Zona euro akan merilis data survei aktivitas sektor swasta.
AS akan merilis data pesanan barang tahan lama, klaim pengangguran awal, penjualan rumah baru dan laporan sentimen konsumen direvisi.
Kemudian pada hari itu, Fed akan mempublikasikan risalah pertemuan bulan November.

Kamis, 24 November
Ifo Institute akan merilis data iklim bisnis Jerman.
Pasar keuangan di AS tetap ditutup libur Thanksgiving.

Jumat, 25 November
Jepang akan merilis data inflasi harga konsumen.
Inggris Raya akan mengakhiri minggu dengan data revisi pertumbuhan kuartal ketiga.

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>