PT KONTAK PERKASA | Emas Stabil Dibayangi Politik, OPEC & Suku Bunga


Kontak perkasa – Harga emas sebagian besar stabil pada awal Asia, Rabu (28/9), dengan investor melihat view gabungan suku bunga, pemilihan presiden AS, prospek pembekuan produksi OPEC dan survei kepercayaan konsumen AS yang optimis.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik tipis 0,01% menjadi $1,330.55 per troy ounce.

Sebelumnya, Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan Selasa bahwa ekonomi AS telah mulai menghasilkan upah pekerjaan yang lebih baik, tetapi hal tersebut harus lebih tinggi lagi.

“Akhirnya pendapatan orang yang bekerja mulai naik lebih cepat daripada penghasilan orang yang lebih tinggi” dalam skala pendapatan, kata Fischer saat menjawab pertanyaan di Howard University setelah pidato. Mantan kepala ekonom IMF itu mengatakan komentarnya bersifat umum dan ketika ditanya tentang kemungkinan ekonomi tanpa suku bunga, ia mengatakan: “Saya tidak menyukainya.” Namun dia mengatakan tujuan tingkat suku bunga itu bukan tentang kebijakan moneter di AS.

Juga dalam radar pasar, anggota OPEC, yang dipimpin oleh Arab Saudi dan eksportir minyak mentah utama lainnya di Timur Tengah, seperti Iran dan Irak, akan bertemu produsen non-OPEC Rusia di Forum Energi Internasional di Aljazair pada hari Rabu 21.00 WIB.

Semalam, harga emas lebih rendah selama sesi perdagangan Amerika, memperpanjang kerugian semalam setelah pasar menyatakan capres Partai Demokrat Hillary Clinton sebagai pemenang debat pertama presiden AS daripada capres Partai Republik Donald Trump.

Capres Demokrat Hillary Clinton tampaknya telah menyisihkan pesaing dari partai Republik Donald Trump dalam debat presiden pertama, berdasarkan analisis terhadap reaksi pasar.

Pedagang sebagian besar mengharapkan kandidat Demokrat Hillary Clinton untuk memenangkan kursi kepresidenan dan belum diperhitungkan implikasi dari kemenangan bagi Donald Trump. Ide Trump di Gedung Putih merupakan salah satu yang mengkhawatirkan bagi beberapa investor karena tidak terlalu simpatik terhadap gaya populis Trump, gaya tak terduganya.

Poling terbaru menunjukkan persaingan ketat dalam hanya sekitar enam minggu lagi sampai pemilihan 8 November. Debat presiden berikutnya dijadwalkan tanggal 9 Oktober dengan debat ketiga dan terakhir pada tanggal 19 Oktober.

Logam mulia telah terdukung dalam beberapa hari terakhir setelah Federal Reserve menahan kenaikan suku bunga dan menurunkan jumlah ekspektasi kenaikan suku bunga di tahun depan.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memegang aset non-unggulan seperti emas batangan. Kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada serangkaian peningkatan yang cepat.

The Fed memiliki pertemuan kebijakan yang dijadwalkan pada awal November dan pertengahan Desember. Ekonom percaya pembuat kebijakan akan menghindari kenaikan suku bunga pada bulan November karena pertemuan tersebut jatuh tepat hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden AS.

Pasar saat ini menghargai kesempatan 8,3% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan November, berdasarkan Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed Investing.com.

Juga dalam catatan, kepercayaan konsumen AS secara tak terduga melonjak pada bulan September ke level tertinggi lebih dari sembilan tahun didorong oleh optimisme tinggi atas kekuatan ekonomi

The Conference Board mengatakan indeks kepercayaan konsumen naik menjadi 104,1 bulan ini dari pembacaan 101,8 pada bulan Agustus, angka itu direvisi dari laporan sebelumnya 101,1. Hal tersebut merupakan level tertinggi sejak Agustus 2007. Para analis telah memperkirakan indeks tergelincir ke 99,0 pada bulan September.

Sumber: investing.com

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>