PT KONTAK PERKASA | Emas Merangkak Naik, Pasar Pantau Kebijakan Bank Sentral


Kontak perkasa – Harga emas menguat di sesi Asia pada hari Senin dalam jadwal pekan ini tentang ulasan terbaru suku bunga Federal Reserve dan pada hari yang sama Bank of Japan diperkirakan akan umumkan hasil rinci ulasan kebijakan pelonggarannya.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik 0,28% menjadi $1,313.85 per troy ounce. Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman Desember naik tipis 0,08% menjadi $18,877 per troy ounce.

Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,14% menjadi $2,155 per pon menyusul keuntungan di pekan lalu terdorong data ekonomi China, importir terbesar tembaga, yang menunjukkan pertumbuhan kuat dalam beberapa bulan ke depan.

Pasar keuangan di Tokyo ditutup Senin untuk libur.

Pekan lalu, harga emas merosot ke terendah lebih dari dua pekan pada hari Jumat, akibat AS dolar yang menguat luas dan kegelisahan jelang pertemuan kebijakan Federal Reserve yang sangat diantisipasi di minggu depan, juga membebani.

Greenback melonjak pada hari Jumat setelah data menunjukkan perkiraan pertumbuhan harga konsumen AS yang lebih cepat membantu mendukung kasus kenaikan suku bunga Fed di akhir tahun ini. Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan indeks harga konsumen naik 0,2% pada bulan Agustus, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 0,1%. Tahun ke tahun, harga konsumen meningkat 1,1%. Tidak termasuk kategori makanan dan energi volatile, harga konsumen inti naik 0,3%. Inti CPI meningkat 2,3% dalam 12 bulan hingga Agustus.

Penguatan dolar AS biasanya memberatkan emas, karena mengurangi daya tarik logam sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pelaku pasar kini mengincar pertemuan kebijakan Fed 20-21 September di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung atas potensi kenaikan suku bunga. Investor saat ini hanya menghargai kesempatan 12% dari kenaikan suku bunga di minggu depan, menurut Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed Investing.com. Untuk bulan Desember, kemungkinan mencapai sekitar 55%.

Sumber: investing.com

KONTAK PERKASA FUTURES

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>