PT KONTAK PERKASA | Aksi Bank of Japan Bursa Saham Eropa Dibuka Naik


Kontak perkasa – Bursa saham Eropa dibuka menguat pada hari Rabu, setelah Bank of Japan mengumumkan langkah-langkah kebijakan moneter baru dan investor menunggu keputusan kebijakan Federal Reserve dini hari nanti.

Selama awal perdagangan Eropa, EURO STOXX 50 melonjak 1,13%, CAC 40 Perancis naik 1,21%, sementara itu DAX 30 Jerman reli 1,03%.

Sebelumnya Rabu, BoJ mengabaikan targetnya untuk meningkatkan basis moneter dan tidak mengadopsi “kontrol kurva imbal hasil” tetap di bawah yang mana akan membeli obligasi pemerintah jangka panjang untuk menjaga imbal hasil obligasi 10 tahun pada level saat ini sekitar 0%.

Bank sentral Jepang juga mengatakan akan terus membeli obligasi pemerintah jangka panjang dalam laju yang menjamin kepemilikannya meningkat sebesar ?80 triliun per tahun.

Selain itu, BoJ mempertahankan suku bunga tidak berubah pada minus 0,1%.

Pada bursa London, FTSE 100 maju 0,59%, mengikuti pergerakan saham-saham di Eropa yang lebih tinggi.

Di AS, pasar ekuitas mengarah naik. Dow Jones Industrial Average berjangka untung 0,44%, S&P 500 berjangka meningkat 0,45%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka naik 0,51%.

Yen Jepang berdetak sedikit lebih lemah di sesi Asia pada hari Rabu menjelang pengumuman pertemuan bank sentral yang sangat diantisipasi untuk melihat kejelasan kebijakannya.

USD/JPY berpindah ke 101,72, naik 0,02%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7558, naik 0,03%.

Hasil pertemuan kebijakan Bank of Japan pada hari Rabu bisa melihat perubahan penting dalam program pelonggarannya yang mencakup kemungkinan pemangkasan suku bunga lebih dalam ke wilayah negatif, mengelola program pembelian aset atau aturan baru durasi sekuritas yang akan dibeli di pasar obligasi.

BoJ telah menerapkan suku bunga negatif pada beberapa kepemilikan bank dan sedang mencetak ? 80 triliun ($750 miliar) setahun untuk merangsang inflasi setelah beberapa dekade alami deflasi dan pertumbuhan yang stagnan, namun ekspektasi inflasi tampaknya melemah.

Juga di Jepang, data neraca perdagangan bulan Agustus akan dirilis dengan surplus ?202 miliar yang diharapkan serta impor turun 17,8% dan ekspor turun 4,8% tahun-ke-tahun.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 95,97.

Semalam, dolar tetap stabil terhadap mata uang utama lainnya dalam perdagangan yang tenang, setelah rilis data sektor perumahan AS yang negatif dengan investor tetap berhati-hati menjelang pernyataan kebijakan Federal Reserve dan Bank of Jepang pada hari Rabu.

Departemen Perdagangan AS mengatakan perumahan dimulai turun 5,8% ke 1.142 juta unit bulan lalu dari jumlah bulan Juli sebesar 1.212 juta unit. Para analis telah memperkirakan penurunan 1,7% pada bulan Agustus.

Sementara itu, jumlah izin bangunan yang dikeluarkan menurun 0,4% menjadi 1.139 juta unit dari 1.144 juta. Para ekonom telah memperkirakan kenaikan 2,5% menjadi 1.170 juta unit pada bulan Agustus.

Investor tetap berhati-hati terhadap dolar AS menjelang pertemuan kebijakan bulanan Fed, dimulai Selasa kemarin, di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung atas kemungkinan kenaikan suku bunga. Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com menunjukkan ekspektasi pasar 15% untuk kenaikan suku bunga.

Sumber:investing.com

KONTAK PERKASA FUTURES

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>