7 Peradaban Purba Misterius


PT KONTAK PERKASA FUTURES – Ada beberapa peradaban purba di dunia yg terkenal & sudah banyak diteliti hingga kini. Seperti Mesir dengan piramidanya, Yunani dengan pahatan & kuil, atau Suku Maya dengan kalendernya.

Tapi banyak juga lho peradaban yg masih jadi misteri. Masih sedikit bukti atau temuan yg bisa mengungkapkan peradaban itu secara jelas.

kebudayaan purba pt kontak perkasa futures

PT Kontak Perkasa Futures – Padahal, menilik dari peninggalan-peninggalannya, peradaban misterius itu tak kalah menarik & bagusnya dibandingkan Mesir atau Maya.

Mari kita lihat beberapa peradaban misterius itu

1. Kebudayaan Silla

Kekaisaran Silla adalah kekaisaran yg terlama di dunia. Dinasti ini berkuasa di semenanjung Korea antara 57 Sebelum Masehi (SM) & 935 Masehi (M).

Hanya saja, sedikit sekali jejak manusia yg tersisa untuk dipelajari. Tapi kebudayaan ini meninggalkan benda-benda mewah yg terbuat dari logam & batu mulia.

Silla didirikan oleh Bak Hyeokgeose, yg disebut lahir dari sebuah telur misterius & menikahi ratunya yg terlahir dari tulang rusuk seekor naga.

Kebudayaan Silla kemudian berkembang jadi masyarakat yg terpusat & mengandung hierarki. Ada kelas aristokrat di sana.

2. Kebudayaan Indus

Kebudayaan kuno ini hidup di sepanjang aliran Sungai Indus di Pakistan sampai ke Laut Arab & Gangga di India. Diperkirakan kebudayaan ini bangkit antara 3300 SM & menurun pada 1600 SM.

Kebudayaan ini terkenal dengan sistem tata air & drainase di perkotaannya. Mereka juga membangun tembok & lumbung serta memproduksi artefak seperti gerabah & manik-manik.

Mereka bahkan menciptakan perawatan gigi. Soalnya arkeolog pernah menemukan 11 gigi geraham yg mengalami pengeboran dari kerangka manusia yg hidup antara 7.500-9.000 tahun lalu di Lembah Indus.

Penelitian mengindikasikan masyarakat kebudayaan ini meninggalkan perkotaannya akibat perubahan iklim.

3. Kebudayaan Sanxingdui

Sanxingdui adalah kebudayaan zaman perunggu yg berada di wilayah Provinsi Sichuan di China sekarang.

Peninggalan arkeologi dari kebudayaan ini antara lain pahatan dari batu giok & patung-patung perunggu setinggi 2,4 meter.

Tapi tak ada yg tahu seperti apa manusia dari kebudayaan ini. Yg jelas, mereka mampu membuat topeng yg dibungkus perunggu atau emas.

Kebudayaan ini diperkirakan ditinggalkan pada 2.800-3.000 tahun lalu & penemuan di kota kuno Jinsha menunjukkan kemungkinan masyarakat Sanxingdui pindah ke sana.

Kemungkinan mereka pindah karena ada gempa bumi & tanah longsor telah mengubah aliran Sungai Minjiang, sehingga masyarakat kehilangan sumber air.

4. Kebudayaan Nok

Kebudayaan ini diperkirakan berakhir pada 1000 SM sampai 300 Masehi. Lokasinya di kawasan Nigeria Utara saat ini. Jejaknya terlihat dari temuan kepala terakota, yg mengindikasikan tradisi pemahatan yg kaya.

Berikutnya ditemukan lagi sejumlah terakota yg menggambarkan manusia mengenakan perhiasan & membawa pentungan serta cambuk. Ini adalah simbol kekuasaan seperti pada seni rupa Mesir kuno.

Kebudayaan ini makin sulit ditelusuri karena artefak yg ditemukan malah dipindahkan tanpa sempat diteliti konteksnya.

5. Kebudayaan Etruscan

Kebudayaan ini hidup di utara Italia pada kurun waktu 700 SM sampai 500 M. Manusianya mengembangkan bahasa tulisan yg unik & meninggalkan pemakaman-pemakaman mewah.

Masyarakat Etruscan menganut teokrasi & artefaknya mengindikasikan bahwa ritual keagamaan menjadi bagian sehari-hari kehidupan mereka.

6. Kerajaan Punt

Kerajaan misterius ini diperkirakan pernah mengadakan perdagangan dengan orang Mesir kuno. Kedua kerajaan bertukar barang-barang, setidaknya pada abad ke-26 sebelum masehi.

Saat itu Mesir diperintah oleh Firaun Khufu, pembangun piramida besar di Giza.

Anehnya, tak ada yg tahu di mana lokasi kerajaan ini. Orang Mesir hanya menggambarkan barang-barang yg dibawa oleh orang Punt, seperti emas, kayu hitam, & kemenyan.

Ilmuwan menduga kerajaan ini ada di Arab, atau di Tanduk Afrika, atau mungkin juga di Sungai Nil, tepatnya di perbatasan Sudan Selatan & Ethiopia sekarang.

7. Kebudayaan Bell-Beaker

Kebudayaan ini sebetulnya diberi nama menurut artefak yg ditemukan, yaitu berupa vas tembikar berbentuk seperti lonceng.

Manusia pembuatnya diperkirakan hidup di Eropa antara tahun 2800 SM & 1800 SM. Mereka juga meninggalkan artefak tembaga & pemakaman, termasuk komplek pemakaman berisi 154 kuburan di kawasan Republik Czech saat ini.

Manusia dari kebudayaan ini juga diperkirakan ikut terlibat dalam konstruksi Stonehenge, yakni pengaturan batu biru di situs itu, yg diyakini asal batu itu dari Wales. – PT Kontak Perkasa Futures

(Prz – PT Kontak Perkasa Futures) :

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>