Data dan Fakta Seputar MotoGP Jerman


PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pekan ini para pebalap MotoGP akan melakoni seri terakhir di paruh pertama kompetisi tahun 2016.

PT Kontak Perkasa Futures – Seri terakhir putaran pertama MotoGP 2016 itu akan digelar di Sachsenring, Jerman pada 17 Juli 2016. Berikut adalah data serta fakta seputar MotoGP Jerman yang dirangkum dari situs MotoGP.

moto gp pt kontak perkasa futures

Dalam kurun enam tahun terakhir, sejak 2010 Honda selalu berkuasa di Sachsenring. Sirkuit yang digunakan MotoGP Jerman sejak 1998 silam ini memiliki lintasan terpendek dalam kejuaraan musim 2016. Panjang lintasan sirkuit ini adalah 3,7 km.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez adalah penguasa di sirkuit ini sejak ia memulai karier MotoGP pada 2013 silam. Sebelumnya, kurun waktu 2010 hingga 2012, yang selalu keluar sebagai juara di sirkuit ini adalah rekan Marquez, Dani Pedrosa.

BACA JUGA : ROSSI BIKIN HEBOH MEDIA SOSIAL

Marquez sendiri memiliki rekor selalu menang di sirkuit ini sejak di kelas terbawah pada 2010 silam.

Total, Marquez dan Dani Pedrosa memiliki rekor kemenangan yang sama di Sachsenring, yakni enam kali. Bagi Pedrosa, Sachsenring adalah trek terbaik baginya setelah MotoGP Valencia.

Sementara itu bagi juara dunia tahun lalu, Jorge Lorenzo, sirkuit Sachsenring adalah yang paling membuat penasaran dirinya. Juara dunia tiga kali itu belum pernah sekalipun menang di Sachsenring, bahkan sejak di kelas 125cc (Moto3) pada 2002 silam.

BACA JUGA : ROSSI MASA LALU LEBIH HEBAT

Catatan terbaik Lorenzo di sirkuit ini adalah peringkat kedua yang ia dapatkan terakhir kali pada 2012 silam. Total ia empat kali berhasil menjadi runner-up di MotoGP Jerman.

Para pebalap MotoGP memiliki sebutan khusus untuk sirkuit yang berada di Saxony, Jerman ini. Mereka menyebut lintasan sirkuit ini sebagai trek bagi balap kart terkait jumlah tikungan lambat.

Dari 14 tikungan di Sachsenring, tikungan ke-11 merupakan yang paling berbahaya. Hal itu disebabkan pada tikungan ke-11 ini para pebalap dapat memacu kendaraannya dengan cepat di antara tikungan lain yakni menggunakan gear kelima dan kecepatan rata-rata 193 kilometer per jam.

BACA JUGA : MARQUEZ FAVORIT JUARA MOTO GP 2016

Tikungan ini juga menjadi akhir dari tujuh tikungan ke kiri secara beruntun. Secara keseluruhan, rata-rata dihabiskan 31 detik untuk melalap tujuh tikungan kiri tersebut. Total ada tiga tikungan kanan, dan 11 tikungan kiri dalam sirkuit ini.

(Prz – PT Kontak Perkasa Futures)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>