5 Fakta Mematikan Militer Turki


PT KONTAK PERKASA FUTURES – Soal negara dengan kekuatan militer gila, orang-orang cukup jarang bahkan hampir tak pernah menyebut nama Turki.

Padahal negara satu ini bisa dibilang luar biasa mengerikan. Tanpa banyak orang yg tahu, negaranya Kemal Ataturk ini ada di peringkat 8 dunia membawahi negara-negara dengan pamor militer mentereng, termasuk Indonesia.

militer turki pt kontak perkasa futures

PT Kontak Perkasa Futures – Dalam 10 tahun terakhir militer Turki selalu stabil di grup kelas atas militer dunia. Tiap tahun mereka pun terus berbenah & makin kuat.

Alasan kenapa pamor Turki sebagai negara kuat tak pernah terangkat adalah lantaran mereka tak pernah benar-benar memamerkannya. Tak seperti Amerika yg tebar-tebar kapal induk mereka di banyak lautan.

Lalu, seperti apa militer Turki sehingga membuat mereka masuk dalam kelas atas militer dunia? Simak jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Jumlah Tentara Aktif

Kalau melihat data yg ada di Global Fire Power, jumlah personel tentara Turki mencapai sekitar 410 ribu orang. Jumlah ini bisa dibilang sangat banyak & kalau dilihat dari rangkingnya.

Turki menempati posisi 14 negara dengan tentara terbanyak di dunia. Mereka menang telak melawan negara-negara besar macam Italia, Jepang, atau Arab Saudi.

Dengan jumlah tentara aktif yg sedemikian banyak, tentu ini jadi penyebab Turki itu hebat.

Bahkan, meskipun jarang dikulik banyak media, Turki nyatanya juga memiliki banyak satuan-satuan khusus yg kemampuannya sangat mumpuni.

2. Kekuatan Darat Militer

Kalau dilihat dari kekuatan alutsista daratnya, Turki bisa dibilang salah satu yg terbaik di Asia & Eropa. Hal ini berkaca dari banyaknya kendaraan tempur darat yg mereka miliki. Entah itu tank ataupun kendaraan taktis perang.

Kalau dilihat detailnya, Turki memiliki setidaknya 3.778 buah tank siap perang. Jumlah ini adalah yg terbanyak nomor 9 di dunia.

Untuk kendaraan taktis perang, negara ini memiliki sekitar 7.550 & menempati peringkat 7 terbanyak di dunia. Oh iya, ini belum termasuk kendaraan pengangkut rudalnya.

3. Kekuatan Udara

Turki punya kekuatan yg sangat mumpuni di darat, tapi di udara, mereka bisa dibilang biasa-biasa saja, walaupun masih terlalu kuat kalau dibandingkan dengan negara-negara militer kelas dua.

Soal alutsista udara, tercatat Turki memiliki kelengkapan yg cukup bagus.

Turki memiliki sekitar 207 jet tempur, 64 helikopter serbu, serta sekitar 439 pesawat pengangkut.

Kalau dilihat dari peringkatnya, Turki menempati posisi 18 negara dengan jet tempur terbanyak serta peringkat 7 untuk pemilik helikopter serbu paling melimpah.

4. Kekuatan Laut

Tak banyak yang tahu soal kekuatan laut Turki. Makanya, kemudian mayoritas orang-orang pun menganggapnya biasa-biasa saja.

Kesannya mungkin seperti itu, padahal kekuatan laut Turki itu luar biasa. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu negara dengan kemampuan militer laut paling mumpuni di dunia.

Soal alutsista laut, Turki juga memiliki kelengkapan yg sangat bagus. Frigates mereka punya 16 buah, corvette 8 buah, serta kapal selam yg jumlahnya 13 buah & jadi nomor 9 terbanyak di dunia.

Dengan kombinasi jumlah alutsista ini Turki jadi negara yg cukup ditakuti di lautan.

5. Budget Militer

Parameter kekuatan militer tak hanya soal jumlah tentara & alutsista saja, tapi juga pendanaan. Bahkan dana / budget bisa dibilang adalah faktor terpenting di atas segalanya.

Dan Turki adalah salah satu pemilik budget militer terbesar di Asia & Eropa.

Jumlahnya sendiri cukup mencengangkan, yakni sekitar $18 miliar / sekitar Rp 235 triliun. Ini hanya defence budget saja, soal kemampuan beli Turki juga luar biasa.

Dana yg bisa dihabiskan untuk militer adalah sekitar $118 miliar.

Inilah fakta militer Turki. Diam-diam ternyata mereka sangatlah mematikan. Peringkat 8 tentu bukanlah sesuatu yg tanpa arti melainkan jadi bukti valid betapa mengerikannya militer negara satu ini.

(Prz – PT Kontak Perkasa Futures)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>