Korea Utara Punya Tiruan Facebook


fb kontak perkasa futuresKONTAK PERKASA FUTURES – Korea Utara dikenal sbg negara yg tertutup, dgn warga yg dilarang untuk mengakses Internet agar tidak bisa terhubung ke luar negeri. Seseorang atau sebuah organisasi memanfaatkan akses dalam negeri atau Intranet itu dengan membangun sebuah jejaring sosial yg sangat mirip dgn Facebook.

Ya, tampilan medsos yg bernama Starcon itu sangat mirip dgn Facebook. Alamatnya adalah www.starcon.net.kp & mengusung logo lingkaran yg di dalamnya terdapat lambang hati.Perusahaan penyedia solusi teknologi Dyn asal Amerika Serikat, merupakan pihak pertama yg pertama kali mengungkap di Twitter soal keberadaan media sosial Starcon.

Dyn juga memberikan gambar tampilan situs Starcon. Dari situ, terlihat satu-satunya hal yg membedakan Starcon adalah ketiadaan logo Facebook di halamannya.Selebihnya sama persis dgn Facebook. Starcon memakai warna biru di bagian atas. Pengguna dimungkinkan untuk update status, lalu ada kolom chatting di kanan bawah, lalu bisa juga mencari seseorang, hashtag, & grup di kotak Search.

Direktur Analisis Internet Dyn, Doug Madory, berkata situs web Starcon ini sangat tidak biasa, karena situs web ini memakai layanan hosting di Korea Utara. Sementara itu, banyak situs web orang Korea Utara yg memakai hosting di China.Kendati demikian, Madory tidak meyakini ini adalah proyek resmi dari pemerintah Korea Utara karena ia menemukan beberapa akun palsu yg menyamar sebagai pemimpin Korea Utara. Ditemukan pula sebuah foto olahan yang menggambarkan Kim Jong Un memakai baju anak-anak & sedang melompat.

“Seseorang di dalam negeri yg melakukan ini,” ujar Dyn.

Sampai saat ini belum diketahui soal tanggal situs itu diluncurkan, atau berapa banyak orang yg telah mendaftar. Namun, beberapa orang telah mengeksploitasinya karena telah menemukan celah keamanan.Dari sisi keamanan, media sosial tersebut nampaknya mudah untuk diretas karena pembangunannya berbasis phpDolphin yg bisa dijebol hanya dengan melakukan trik kombinasi ‘admin’ & ‘password’. Tetapi, peretas yg hendak mengganggu Starcon tentu saja harus menembus “dinding pembatas” Internet Korea Utara yang super tertutup. (Prz)

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>