Komoditas Dorong Bursa Saham Asia Naik Pagi Ini, Trump Pecat Scaramucci


Kontak perkasa – Sejumlah bursa saham di Asia memulai perdagangan pertama bulan Agustus ini, Selasa (1/8/2017) dengan kenaikan, seiring dengan berlanjutnya penguatan komoditas yang mengangkat saham produsen bahan baku.

Di sisi lain, dolar AS bergerak lebih stabil setelah mengalami pelemahan akibat berlanjutnya gejolak politik di Washington.

Indeks Topix Jepang naik 0,4% pada pukul 9.21 pagi waktu Tokyo (pukul 07.21 WIB), indeks S&P/ASX 200 Australia bertambah 0,2% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,1%.

Indeks ekuitas di Jepang dan Australia naik setelah rendahnya volume dalam sesi perdagangan di Amerika Serikat (AS) menyebabkan indeks S&P 500 berfluktuasi, sementara indeks Dow Jones Industrial Average mencatat rekor baru.

Dilansir Bloomberg, indeks Bloomberg Dollar Spot naik 0,1% setelah turun 0,3% pada perdagangan Senin. Adapun harga minyak mentah West Texas Intermediate diperdagangkan di atas $50 per barel untuk pertama kalinya sejak Mei dan tembaga mencapai level tertinggi dua tahun.

Pergerakan saham global tetap berada di kisaran level tertinggi sepanjang masa, dengan rilis data dari China dan Jepang pekan ini yang memperkuat optimisme untuk pertumbuhan setelah data ekonomi AS menunjukkan akselerasi pada kuartal kedua.

Meski demikian, perkembangan politik di Washington terus menjadi perhatian para pedagang, setelah Presiden Donald Trump memecat direktur komunikasi Gedung Putih, Anthony Scaramucci, pada Senin (31/7) waktu setempat. Padahal, Scaramucci baru menjabat selama sekitar 10 hari.

Dia dipecat setelah beberapa saat sebelumnya Jenderal John Kelly dilantik Trump untuk menggantikan Reince Priebus sebagai kepala staf gedung Putih.

Selain itu, pasar juga menantikan sejumlah data ekonomi terbaru AS yang dijadwalkan rilis pekan ini, di antaranya angka pekerjaan yang diperkirakan menunjukkan pertambahan sekitar 180.000 pekerja pada Juli. (sumber: bisnis.com)
PT Kontak Perkasa Futures

No Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>