Harga Karet Menanjak 1,09% Setelah Libur Panjang di Jepang


Pergerakan harga karet terpantau naik lebih dari 1% pada awal perdagangan hari ini, Selasa (18/7/2017), pasca libur akhir pekan yang panjang di Jepang.

Harga karet untuk pengiriman Desember 2017, kontrak teraktif di Tokyo Commodity Exchange (Tocom), menguat 1,09% atau 2,20 poin ke level 203,80 yen per kilogram (kg) pada pukul 07.26 WIB.

Sebelumnya harga karet dibuka dengan kenaikan 0,69% atau 1,40 poin di posisi 203, setelah pada Jumat (14/7) sukses membukukan rebound 0,85% atau 1,70 poin di posisi 201,60. Aktivitas perdagangan di Jepang ditiadakan pada Senin karena libur nasional.

Di sisi lain, harga karet untuk pengiriman September di Shanghai Futures Exchange kemarin ditutup naik 0,3% di posisi 13,495 yuan/ton.

“Posisi untuk komoditas meningkat, termasuk karet, dengan prediksi bahwa harga bisa rebound dari level rendah,” kata Jia Min, analis di Guosen Futures, seperti dikutip dari Bloomberg.

Pada perdagangan Senin(17/7), kinerja seng memimpin penguatan pada logam setelah data PDB China menunjukkan hasil cemerlang yang lebih baik dari perkiraan.

Produk domestik bruto (PDB) China naik 6,9% pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Angka tersebut lebih baik dari prediksi rata-rata para ekonom dalam survei Bloomberg untuk kenaikan sebesar 6,8% serta sejalan dengan laju ekspansi pada kuartal pertama.

Di sisi lain, produksi industri naik 7,6% pada Juni dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka ini jauh lebih besar dari prediksi kenaikan sebesar 6,5%.

Ekspansi tersebut menyoroti ketahanan ekonomi China serta aktivitas perekonomian yang tetap kuat meski para pembuat kebijakan telah berusaha untuk membatasi pinjaman berlebihan dan spekulatif.

Harga karet mampun naik tajam meskipun pada saat yang sama kinerja mata uang yen terapresiasi pagi ini. Nilai tukar yen terpantau menguat 0,15% atau 0,17 poin ke 112,46 yen per dolar AS pada pukul 07.32 WIB, setelah pada Senin ditutup terdepresiasi 0,08% di posisi 112,63. (sumber:bisnis.com)
PT Kontak Perkasa Futures

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>