Facebook, Twitter dan YouTube Digugat Ayah Korban Terorisme


sosmed pt kontak perkasa futuresPT KONTAK PERKASA FUTURES – Ayah dari Nohemi Gonzalez, salah seorang korban serangan teroris di Paris, Perancis, menggugat sejumlah jejaring sosial seperti Facebook, Twitter & Google di Pengadilan California, AS. Melalui pengacaranya dia mengatakan layanan Internet tersebut mengizinkan kelompok teroris memanfaatkan jejaring sosial untuk propaganda, rekrutmen, penggalangan dana & kegiatan lainnya, untuk melancarkan aksi terornya di sejumlah kota. Gonzalez, seorang warga negara AS, tewas pd bulan November ketika teroris menembakkan peluru secara membabi buta di mana ia sdg makan dgn teman2xnya.

Gugatan ini sendiri mengalami pro & kontra, sebab, Twitter misalnya menaruh peringatan bahwa layanan mereka tidak bertanggung jawab terhadap isi dari pihak ketiga dlm hal ini pengguna, termasuk di dalamnya adalah kelompok teroris ISIS. Sementara ayah dari Gonzalez, mengacu pada aturan 18 U.S. Code 2339A & 2339B. “Layanan & dukungan yg tergugat secara sengaja atau sadar menyediakan dukungan terhadap terorisme untuk melakukan aksi terorisme internasional, termasuk serangan di mana Nohemi Gonzalez tewas,” tulis gugatan tersebut.

Keluhan dari sang ayah Gonzales memberi bny contoh penyalahgunaan jejaring sosial oleh ISIS, juga menunjukkan pendapatan yg diperoleh oleh perusahaan media sosial dari iklan oleh kelompok teroris.
“Yg mengherankan, tergugat secara rutin mengambil keuntungan dari ISIS. Setiap terdakwa menempatkan iklan di posting ISIS, “tulisnya lagi.

Pihak Google menanggapi masalah ini dgn mengatakan, “Kami memiliki kebijakan yg jelas melarang konten perekrutan teroris, berniat untuk menghasut kekerasan, & dgn cepat menghapus video yg melanggar kebijakan yg juga dilaporkan oleh pengguna kami. Kami juga menghentikan akun yg dijalankan oleh organisasi teroris atau mereka yg berulang kali melanggar kebijakan kami,” tulisnya dlm email.

Seorang juru bicara Facebook menulis bahwa, “Tidak ada tempat bagi teroris atau konten yg mempromosikan atau mendukung terorisme di Facebook, & kami bekerja secara agresif untuk menghapus konten tersebut segera setelah kami menyadari hal itu.” (Prz)

(1) Comment

  1. Pingback: PT Kontak Perkasa Futures | Akses Facebook Semakin Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>