Dolar AS Defensif di Tengah Gejolak Politik AS


Kontak perkasa – Indeks dolar Amerika Serikat (AS) bergerak defensif pada perdagangan pagi ini, Senin (31/7/2017), di tengah ketidakpastian politik AS serta meningkatnya keraguan tentang penaikan suku bunga lanjutan oleh The Fed tahun ini.

Indeks dolar AS yang mengukur kekuatan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama naik 0,19% atau 0,177 poin ke 93,436 pada pukul 10.18 WIB.

Sebelumnya indeks dolar dibuka naik tipis 0,08% atau 0,177 poin di level 93,436, setelah pada perdagangan Jumat (28/7) berakhir melemah 0,64% di posisi 93,259.

Pertumbuhan negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut naik menjadi 2,6% pada kuartal kedua, sesuai dengan ekspektasi para ekonom dalam survei Reuters. Meski demikian, pertumbuhan pada kuartal pertama direvisi turun menjadi 1,2%.

Biaya tenaga kerja AS juga meningkat lebih kecil dari yang diperkirakan pada kuartal kedua, sehingga menambah kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap rendah.

“Ketidakpastian mudah meningkat tentang kemampuan The Fed dalam menaikkan suku bunga acuannya tahun depan jika inflasi tetap rendah,” kata Junichi Ishikawa, pakar strategi valas di IG Securities, seperti dikutip dari Reuters.

Ketidakpastian politik AS yang lebih dalam juga diperkirakan akan menjaga greenback tetap bergerak defensif. Presiden Donald Trump pada hari Jumat menggantikan kepala staf Gedung Putih, Reince Priebus, dengan Jenderal John Kelly.

“Penggantian Priebus bisa menjadi titik balik bagi pemerintahan Trump. Risiko trump sekarang bisa mulai berdampak pada bursa saham AS, yang telah berjalan dengan baik sampai sekarang, dan pada gilirannya membebani dolar,” tambah Ishikawa.

Harapan bahwa pemerintah Trump akan menerapkan reformasi pajak dan stimulus ekonomi dalam waktu dekat, yang dilihat sebagai faktor positif bagi dolar AS, juga memudar s

etelah Senat AS pada hari Jumat gagal meloloskan rancangan UU kesehatan untuk menggantikan Obamacare. (sumber: bisnis.com)
PT Kontak Perkasa Futures

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>